Laman

Posted by : Unknown Rabu, 02 September 2015





Manajemen merupakan bagian dari ilmu ekonomi dan bisnis yang mempelajari tentang  pengelolaan sumber daya suatu perusahaan atau organisasi secara efektif dan efisien dengan menggunakan konsep dan metode bisnis. Bidang kajiannya mencakup perancangan dan  pengelolaan aktivitas dari sumber daya manusia, keuangan, operasional, pemasaran, dan aspek teknologi untuk mencapai tujuan perusahaan/organisasi serta beradaptasi terhadap perubahan dunia bisnis dan ekonomi.

 Pada umumnya, jurusan Manajemen memiliki tiga peminatan, yaitu:
Ø  Manajemen Pemasaran Mempelajari tentang penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program- program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar. Contoh mata kuliahnya antara lain Perilaku Konsumen, Riset Pemasaran, Manajemen Ritel, dan Pemasaran Jasa.

Ø  Manajemen Keuangan Mempelajari tentang perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian,  pencarian, dan penyimpanan dana yang dimiliki suatu perusahaan/organisasi. Contoh mata kuliahnya antara lain Manajemen Portofolio dan Sekuritas, Riset Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, dan Manajemen Keuangan Syariah.

Ø  Manajemen Sumber Daya Manusia Mempelajari cara mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama perusahaan, karyawan, dan masyarakat. Contoh mata kuliahnya antara lain Manajemen Kinerja, Riset SDM, Perencanaan SDM, dan Manajemen Konflik.
Jika kamu tertarik mempelajari bisnis dan alokasi sumber daya, pilihlah jurusan Manajemen. Kompetensi yang harus dipersiapkan sebelum memilih jurusan ini tidak terlalu spesifik, yang terpenting memiliki minat pada semua aspek manajemen. Walaupun termasuk bagian dari ilmu ekonomi, jurusan Manajemen tidak mempelajari pembukuan secara mendalam, hanya dasar-dasarnya saja. Prospek kerja jurusan manajemen juga bagus diantaranya sebagai entrepenur, manajer di suatu perusahaan, pegawai bank, dll. Intinya jurusan manajemen memiliki prospek kerja yang cukup baik.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Andhy's Blog - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -